PENTINGNYA MEMILIH RUMAH DI LINGKUNGAN YANG BAIK

PENTINGNYA MEMILIH RUMAH DI LINGKUNGAN YANG BAIK

Bismillah, sahabat yang dimuliakan Allah SWT. Bagaimana kabar sahabat sekalian? Semoga senantiasa berada dalam kebaikan islam dan iman yaaa.. Sehat wal ‘aafiat.

Baik, sahabat, kali ini saya ingin sharing mengenai Pentingnya Memilih Rumah di Lingkungan yang baik. Baik di sini berarti lingkungannya yang bersih, sehat, aman. Sehingga dengan kebersihan yang terjaga, akan memberikan dampak Kesehatan baik bagi keluarga di dalam rumah maupun setiap warga yang ada di lingkungan tersebut. Di Aman di sini berarti lingkungannya yang aman dari kejahatan luar lingkungan dengan ikhtiar membuat pagar lingkungan dengan gerbang hanya satu dengan di fasilitasi security atau satpam dan CCTV, selain kejahatan dari luar lingkungan kita patut lebih mementingkan keamanan di dalam lingkungan, seperti memiliki tetangga yang amanah yang menentramkan satu sama lainnya.

Sahabat, sangking pentingnya tetangga sampai-sampai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mewajibkan kita berbuat baik kepada tetangga, sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari, yang artinya:

Dari Aisyah r.a., dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda, “Jibril terus mewasiatiku perihal tetangga. Hingga saya menyangka bahwa tetangga akan menjadi ahli waris.” (H.R. Al-Bukhari)

 Pada hadits lain Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya :

Dari Syuraih, bahwasannya Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Demi Allah, tidak sempuran imannya, demi Allah tidak sempurna imannya, demi Allah tidak sempurna imannya.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya “Siapa yang tidak sempurna imannya wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Seseorang yang tetangganya tidak merasa aman atas kejahatannya.” (H.R. Al-Bukhari)

Sahabat, dari dua hadits tersebut seharusnya memberikan pembelajaran penting bagi kita tentang bukan sekedar memilih rumah untuk keluarga, namun memilih rumah juga adalah tentang memilih tetangga untuk keluarga kita. Karena tetangga merupakan orang terdekat yang kelak akan menjadi teman dan juga sahabat, baik suka maupun duka.

Keterikatan tetangga memberikan dampak yang sangat serius bagi tumbuh kembang anak-anak dan keluarga, bagaimana ia memberikan pengaruh pada anggota keluarga, anak-anak, istri, hingga keamanan pada asset yang ada di dalam rumah.

Karena itulah, memilihkan rumah dengan siapa ia bertetangga lebih diprioritaskan oleh orang-orang alim masa lalu dibandingkan rumah itu sendiri.

Perbedaan yang sangat mencolok antara kehidupan sosial bermasyarakat zaman sekarang dan 10 atau 20 tahun yang lalu, di mana zaman ini kita di dominasi oleh kesendirian yang melalaikan, keterabaian pada kehidupan yang hangat dalam bermasyarakat karena sudah beralih pada dunia layar kaca, ibarat halusinasi pada tampilan bayang, dunia saat ini menuju pada idualisme yang sangat kuat.

Kekhawatiran pada kondisi ini terus menguat dari golongan masyarakat yang paham dan sadar, menyadari akan bahaya dari sikap individualism yang tidak peduli pada kehidupan masyarakat yang nyata, sehingga ancaman ketidakpedulian akan orang lain dan budaya saling tolong menolong diantara tetangga menjadi terus terkikis oleh hubungan antar layar.

Jelas, memperbaiki persoalan ini bukan hal yang mudah. Kebiasaan yang sudah tertanam kuat sejak anak-anak bahkan mungkin sejak bayi dan dalam kandungan.

Terlebih, jika kondisi ini berlangsung pada lingkungan

Maka dari itu, kita perlu memperhatikan betul ketika ingin memiliki rumah, agar kelak tidak menyesal di lain waktu.