Air terjun merupakan salah satu destinasi andalan yang tersebar di seluruh indonesia. Khususnya di bogor terdapat banyak sekali destinasi air terjun yang menawarkan berbagai macam konsep dan cerita yang bisa menambah literasi anda mengenai budaya di sekitar curug tersebut.

Keindahan alam yang disajikan serta kesegaran air yang mengalir membuat air terjun atau dalam bahasa orang sunda nya adalah curug kerap kali di kunjungi untuk sekedar bermain air juga menyegarkan tubuh serta pikiran.

Sebelum kita mengenal berbagai curug di bogor dan khususnya yang rekomended, alangkah baiknya kita mengenal makna dari kata curug itu sendiri. Curug berasal dari dua suku kata, yakni Cai nu Nyurug artinya air yang berjatuhan, sehingga air yang berjatuhan dari atas tersebut dimanfaatkan masyarakat setempat untuk mandi dan semacamnya.

Jika anda pernah ke kawasan wisata alam gunung salak endah, maka anda akan menemukan banyak sekali curug baik di sebelah kiri ataupun kanan anda.

Sebagai wilayah yang memiliki topolgrafi yang cukup tinggi dan berada di sekitar pegunungan, wajar bila bogor memiliki banyak objek wisata air terjun atau curug.

oke baiklah, kita akan mengenal beberapa curug yang banyak orang memberikan bintang lima atau bisa juga dibilang rekomended untuk kamu kunjungi

Curug luhur memiliki ketinggian kurang lebih 624 meter diatas permukaan laut (MDPL) Curug luhur menjadi destinasi air terjun yang banyak diminati masyarakat. Bukan hanya karena keindahan curug yang disajikannya namun ada waterpark yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air bersama-sama keluarga dan atau teman.

Lokasi curug ini berada di desa Ciapus, kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Sekitar 9 KM dari lokasi Ciampea Highland View.

Dengan waktu tempuh yang relatif singkat dari homestay, anda tidak perlu khawatir tidak bisa menikmati destinasi wisata lainnya di sekitar homestay Ciampea Highland View.

Daya tarik Curug luhur tersendiri amat sangat menggiurkan, dengan ketinggian sampai 62 meter dari permukaan tanah , curug luhur menjadi salah satu destinasi curug yang sangat populer di kalangan masyarakat yang sudah banyak mengunjungi curug khususnya di bogor.

Awalnya kedalaman kolam penampungan air di curug ini mencapai 15 meter, dengan pertimbangan keselamatan akhirnya pihak pengelola meutuskan untuk mengurugnya dan menjadikannya lebih cetek, kini hanya memiliki 7 meter saja. Namun demikian anda harus tetap berhati-hati, karena selain dalam airnya juga dingin lho.

Selain curug yang menawan, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas wahana yang berkonsep waterboom, yaa ada kolam renangnya ada perosotannya, anak-anak pasti seneng deh, dan yang bikin nyesss juga sensasi dari airnya yang dingin banget bikin kamu jadi spesial gitu.

kolam renang juga sudah disesuaikan, ada untuk anak-anak hingga dewasa. kamu mesti nyobain deh kalau berkunjung ke sini.

lalu, selain air terjun itu sendiri dan wahana yang berkonsep waterboom, ada lagi gak sih fasilitas lain yang jadi ikon curug luhur ini? ternyata ada gaesss… yaitu miniatur curug luhur.

jadi kamu bisa foto-foto di sini bareng orang-orang spesial, entah apakah ini alami atau buatan. tapi faktanya ini keren banget.

lokasinya ada di tengah-tengah antara air terjun curug luhur dengan wahana kolam renang. Sementara kelebihan dari aliran air yang ada di curug ini tidak akan kering walau musim kemarau sekalipun. Karena kebanyakan air terjun yang ada biasanya akan ikutan surut dan sangat kecil mengalirkan airnya dikala musim kemarau tiba, beda banget dengan curug luhur ini.

Selain fasilitas yang di sampaikan di atas, kamu juga bisa menemukan berbagai fasilitas lain seperti kamar mandi, kamar ganti pakaian, mushola, dan restoran yang menyajikan berbagai makanan khas yang saya rasa perlu kamu cicipi makanannya.

Baiklah, setelah kita berkelana di dalam destinasi wisata curug luhur. alangkah baiknya memang saya kasih tahu nih untuk tiket masuknya. Yaaa jika dibandingkan denagn objek wisata curug lainnya yang serupa, harga tiket masuk ke curug luhur cenderung terbilang mahal. Tarifnya sebesar 40 ribu rupiah per orang. belum lagi biaya parkit motor 8 ribu dan parkir mobil 20 ribu.

Biaya yang cukup untuk membayar semua fasilitas yang ada di dalamnya, karena faktanya semua yang berkunjung ke sini itu tidak merasa rugi apalagi menyesal.

untuk jam operasional curug luhur ini di buka jam 7/8 pagi hingga sore hari. Sebaiknya datang di jam-jam yang masih sepi, misal pagi walau masih dingin-dinginnya. hanya 20 menit perjalanan lancar kok dari homestay ciampea highland view.

nah, apakah kamu sudah siap-siap untuk liburan? ke mana? hari ini jum’at dan besok weekend ^_^

liburan ke bogor barat, nginepnya di homestay ciampea highland view aja. eits, sebelum nginep, beli dulu unitnya yaaa…

 

0 Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.